5 Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh dan Pencegah Virus

Jakarta, CNN Indonesia. Agar terhindar dari virus corona yang mewabah, setiap orang disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem imun yang kuat disebut mampu menangkal berbagai virus penyakit.

Sistem imun di dalam tubuh dapat melawan virus-virus penyakit. Sebaliknya, imunitas yang rendah justru membuat virus semakin mudah menyerang tubuh sehingga berkembang menjadi penyakit.

Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan istirahat yang cukup, berolahraga, dan makan-makanan bergizi.

Berikut makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah penyebaran virus.


1. Jeruk
Kelompok buah jeruk atau citrus kaya akan vitamin C yang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan bibit penyakit.

Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan setiap hari. Kelompok buah citrus yang meliputi jeruk, lemon, limau, jeruk nipis merupakan sumber terbaik untuk vitamin C.

2. Brokoli
Dikutip dari Healthline, brokoli merupakan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral. Brokoli mengandung vitamin A, C, dan E serta antioksidan yang dapat melawan sumber penyakit.

Antioksidan dapat mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh. Antioksidan membantu organ tetap kuat dan dapat menangkal penyakit.

3. Bawang putih
Bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung senyawa sulfur. Kandungan ini sangat berguna untuk sistem imun tubuh.

Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Selalu tambahkan bawang putih dalam makanan Anda, agar dapat memperkuat sistem imun.

4. Jahe
Kandungan jahe dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Jahe juga dapat meredakan penyakit kronis serta menurunkan kolesterol.

Untuk mendapatkan khasiatnya, jahe dapat dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya atau dijadikan bumbu makanan.

5. Ikan berlemak
Kelompok ikan berlemak seperti salmon, tuna, sarden kaya akan asam lemak omega-3. Dikutip dari Medical News Today, nutrisi ini baik untuk tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Asam lemak omega tiga dapat mengurangi gejala sindrom metabolik, melawan peradangan, dan penyakit autoimun. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyebaran virus.

Sumber : CNNIndonesia.com

Add your comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *